4 Alat Keamanan Mobil yang Paling Direkomendasikan

Semakin mahal barang yang dibeli, maka akan semakin besar pula nominal kerugian jika barang tersebut hilang. Karenanya terdapat istilah semakin mahal barang yang dibeli maka semakin mahal pula biaya perawatannya. Hal ini juga berlaku untuk mobil, semakin tinggi harga mobil maka semakin pemiliknya takut kehilangan. Karenanya memiliki mobil apalagi memiliki mobil mewah harus sudah siap dengan biaya ekstra untuk membeli alat keamanan mobil. Alat keamanan ini juga bisa berarti asuransi kecelakaan atau kehilangan, dengan asuransi maka Anda akan lebih merasa aman dan nyaman selama Anda mengikuti peraturan yang disetujui sebelumnya.

GPS TrackerBila Anda tidak mengasuransikan mobil Anda, maka Anda perlu membeli dan memasang alat keamanan tambahan. Kunci pintu mobil saat ini sudah bukan alat pengaman yang aman karena sudah banyak kasus pencurian mobil yang menggunakan modus pembobolan kunci mobil. Namun dengan adanya alat pengaman tambahan, diharapkan dapat mempersulit langkah pencuri sehingga pencurian dapat terhindar kan. Banyak jenis-jenis alat keamanan yang beredar di pasaran saat ini, dari yang berbasis teknologi internet, listrik, sampai penambahan kunci tambahan.

Jika Anda kebingungan menentukan alat mana yang terbaik bagi mobil Anda, berikut ini kami rekomendasikan 4 alat keamanan mobil yang paling banyak digunakan:

  1. GPS Tracker

    Alat pengaman inilah yang sedang booming saat ini karena keakuratan pelacakan posisi mobil. Biasa digunakan pada mobil-mobil rental maupun mobil perusahaan atau armada pengangkutan barang. Menggunakan bantuan satelit untuk menerima sinyal dari alat GPS yang ditanamkan di tempat yang sulit ditemukan orang lain. Model terbaru dari GPS ini memberikan fitur pematian mesin apabila pemilik mengirimkan pesan atau melalui telepon. GPS yang baik adalah GPS yang mempunyai fitur real time tracker sehingga tidak ada delay antara posisi mobil yang sebenarnya dengan posisi mobil yang dilaporkan.

  2. Kunci Stir

    Berbentuk seperti tongkat yang dipasangkan pada stir mobil Anda. Mekanisme kerja alat ini adalah mencegah stir untuk dapat difungsikan. Menggunakan kunci untuk membuka atau memasang kunci stir. Namun pada pencuri handal yang sudah ahli untuk membobol kunci, mungkin pengaman ini kurang efektif, tetapi setidaknya alat ini dapat menghambat kecepatan pencuri beraksi.

  3. Alarm Mobil

    Alarm mobil bekerja dengan sistem sensor benturan dan bunyi. Pada mobil yang dipasangi alarm ini, mobil akan mengeluarkan suara apabila sensor mendeteksi benturan yang mengenai body mobil setelah alarm diaktifkan. Pemilik kendaraan perlu mematikan alarm agar suara alarm tidak berbunyi saat akan dikendarai. Kelemahan alat ini adalah sensor yang tidak dapat membedakan benturan atau tinggi suara yang berbahaya atau tidak. Pada bunyi halilintar misalnya, kebanyakan alarm mobil akan memberikan sensor bahaya dengan mengeluarkan suara.

  4. Immobilizer

    Sistem kerja alat pengaman ini adalah dengan mensinkronkan kode antara kunci dengan kode mobil. Mobil keluaran terbaru banyak yang sudah dilengkapi dengan pengaman ini. Mobil tidak akan dapat dibuka atau dinyalakan menggunakan kunci yang tidak memiliki kode yang sama dengan kode mobil.

Itulah ke-empat alat keamanan mobil yang paling dianjurkan untuk menjaga mobil Anda agar tetap aman dan mencegah peristiwa pencurian. Lebih baik mengeluarkan budget lebih untuk membeli dan memasang alat-alat tersebut daripada mengalami kekecewaan dan kerugian akibat kehilangan mobil. Pilihlah alat keamanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan situasi di area tempat mobil Anda sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *