Bagaimana Cara Membuat Umur Onderdil Motor Honda Menjadi Lama?

Jika motor merupakna alat transportasi yang biasanya Anda gunakan, umur onderdil motor Honda merupakan faktor yang perlu Anda perhatikan. Onderdil adalah bagian penting dari8 sebuah mesin atau kendaraan. penggantian suku cadang memang harus dilakukan secara berkala karena umur suku cadang

perawatan sparepart motor
perawatan sparepart motor

memiliki batas tersendiri. Bila terjadi kerusakan atau keausan, Anda harus segera melakukan penggantian agar motor bisa tetap awet.

Pada umumnya, onderdil mempunyai umur pakaian walaupun dapat digunakan hingga umur pakai sangat panjang atau tidak pernah digant. Sebagai seorang konsumen, Anda juga harus berhati-hati saat melakukan pembelian suku cadang, karena tidak sedikit penjual yang menjual suku cadang dengan harga murah, namun kenyataannya ia tidak dapat digunakan, bahkan bisa menurunkan performa motor secara keseluruhan.

Ada beberapa faktor yang dapat memperpendek umur onderdil motor Honda, antaralain seperti:

  1. Cahaya matahari. Ketika Anda melakukan penggantian suku cadang, dan Anda lebih memilih suku cadang palsu, hindari suku cadang KW yang memiliki bahan karet atyau plastik. Jika terpaksa Anda memilih bahan tersebut, jangan biarkan suku cadang lama-lama berada di bawah sinar matahari,
  2. Minyak. Jenis minyak yang dapat mempengaruhi umur suku ccadang ini seperti solar, minyak tanah, minyak rem, power steering, dan yang lainnya. Harus Anda ketahui jika ada beebrapa jenis onderdil yang tidak boleh bersentuhan dengan minyak, seperti suku cadang yang mengandung bahan karet, kertas dan plastik,
  3. Cairan kimia. Cairan kimia juga tidak boleh terkena suku cadang yang memiliki kandungan unsur plastik, kertas, karet.

Sekarang ini sudah banyak ditemukan penjualan onderdil palsu yang ada di pasaran. Penggunaan onderdil palsu ini sudah pasti akan mempengaruhi kinerja kendaraan Anda. Contohnya padahal onderdil yang Anda pasang merupakan onderdil baru, namun peforma kendaraan Anda malah mengalami penurunan. Sebelum suku cadang dinyatakan layak pakai, seluruh suku cadang akan melewati proses penelitian yang telah di sutujui oleh pabrikan. Penelitian ini meliputi berbagai macam kriteria. Kriteria ini seperti jenis bahan baku dan unsur dasar dari suku cadang, ukuran yang diperlukan, proses pembuatan, desain dan konstruksinya, faktor negatidf yang mempengaruhi kinerja hingga prosedur pemasangan dan pengukurannya. Sesudah dilakukan penelitian, biasnaya seluruh suku cadang akan melewati proses pengujian yang disebut dengan validasi. Tujuannya tentu untuk mengetahui umur penggunaan dan daya tahan peforma.

Taukah Anda jika onderdil akan menjadi aus jika sudah melewati masa penggunaan? Komponen onderdil atau suku cadang yang rusak akan memperngaruhi peforma kendaraan bahkan akan mengancam keselamatan pengendara. Lantas, bagaimana cara untuk menghindari kerusakan komponen kendaraan serta bagaimana cara untuk memaksimalkan usia kendaraan kita? Salah satunya kita dapat mematuhi jadwal perawatan berkala. Cara untuk merawat komponen kendaraan ialah dengan mematuhi jadwal perawatan rutin yang berada di buku panduan. Biasanya perawatan berkala tergantung dari waktu penggunaan kendaraan serta jarak tempuhnya.

Selain itu pastikan Anda menggunakan onderdil motor Honda yang asli. Jangan hanya pengaruh harga yang murah Anda kemudian memilih suku cadang imitasi yang tidak dapat bertahan lama. Suku cadang imitasi biasanya mempunyai daya tahan yang buruk bahkan membuatnya tidak bisa bertkontrol dengan baik. Risiko penggunaan suku cadang imitasi ada berbagai macam mulai dari umur yang pendek hingga tidak bisa tahan lama. Kemampuan kendaraan juga tidak akan menjadi maksimal bila suku cadang yang digunakan merupakan suku cadang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *