Hati-hati, Kenali Penjual Onderdil Motor Honda yang Abal-abal!

onderdil motor hondaMotor Honda adalah motor sejuta umat di Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia memiliki motor yang satu ini, sampai-sampai bahkan motor dengan merk lain pun tetap saja mendapatkan julukan Honda. Pabrik produsen dari motor Honda ini sendiri adalah salah satu pabrik terbesar yang ada di Indonesia, sehingga tak mengherankan jika cakupan motor ini juga jadi sangat jauh, termasuk juga onderdil motor Honda.

Kalau Anda sering mengamati, Anda akan melihat bahwa Honda memiliki bengkel resmi di mana-mana. Anda bahkan akan bisa melihatnya di desa-desa dan kawasan yang sebenarnya bisa dibilang cukup terpencil. Tapi toh, nyatanya Honda tetap bisa menjangkaunya. Jadi tak ada alasan bagi Anda untuk tidak menggunakan spare part asli yang dijualnya dengan alasan kesulitan dapat barangnya.

Di mana saja Anda bisa menemukan onderdil motor Honda yang asli dan bisa dijamin? Rata-rata, Anda bisa menemukannya di:

  • Bengkel resmi

    Pilihan pertama adalah bengkel resmi dari Honda yang telah mendapatkan jaminan tentang keasliannya. Harus ada jaminan bahwa hanya Honda Genuine Parts yang dijual di bengkel resmi tersebut. Meski pada kenyataannya tak semua bengkel resmi menggunakan onderdil asli, tapi kemungkinan Anda mendapatkan barang asli lebih besar di sini.

  • Situs resmi

    Situs resmi dari Honda biasanya menyertakan daftar tempat-tempat di mana Anda bisa menemukan onderdil yang baru dengan kualitas yang asli. Setidaknya ini adalah jaminan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan onderdil dengan kualitas yang bagus.

Jangan tertipu dengan bengkel dan toko-toko onderdil yang mengklaim bahwa mereka menjual produk asli ketika kondisi onderdil yang mereka jual adalah seperti ini:

  1. Harganya terlalu murah

    Anda bisa dengan mudah melihat berapa harga sebenarnya dari onderdil Honda di situs resminya atau dari bengkel. Ketika Anda melihat harganya ada di bawah ini, waspadalah.

  2. Cetakan tulisan kemasan yang tak jelas

    Anda juga bisa melihat dari tulisan yang ada di kemasan onderdil tersebut. Tulisan dari Honda Genuine Parts yang palsu cetakannya tidak jelas, informasinya tak lengkap, dan kodenya pun tak ada.

  3. Terbuat dari besi biasa

    Kalau Anda mencari produk asli, maka carilah onderdil yang bahannya dari baja. Produk palsu biasanya hanya menggunakan logam biasa seperti besi yang tak cukup awet.

  4. Nomor onderdil dan nomor katalognya tak cocok

    Setiap onderdil resmi dari Honda memiliki nomornya sendiri yang terdaftar di katalog suku cadang khusus kendaraan tersebut. Cocokkanlah dengan nomor dari suku cadangnya.

  5. Tidak ada logo, hologram, dan bungkusnya sudah rusak

    Anda lihat di kemasan onderdil tersebut. Adakah logo resmi Honda di permukaannya? Adakah hologram yang menyegelnya? Muluskah kemasannya? Atau sudah ada indikasi jika ada yang pernah membongkarnya?

Jika salah satu dari ciri-ciri di atas terlihat aneh atau tak sesuai, Anda harus segera melaporkannya kepada produsen resmi Honda sendiri. Jangan pernah membeli produk yang tak ada label AHM dari Astra, produsen Honda. Kalau Anda merasa bingung, jangan ragu untuk bertanya langsung pada karyawan di bengkel resmi Honda. Mereka akan menjawab segala pertanyaan Anda.

Banyak yang bisa menjebloskan Anda untuk membeli onderdil motor Honda yang palsu. Jadi waspadalah ketika Anda melihat ada gelagat aneh maupun tanda-tanda di atas. Namun selama Anda membelinya langsung dari bengkel yang resmi, seharusnya ini bisa dicegah. Lagipula Honda memiliki quality control yang ketat dan pemberian garansi resmi, sehingga ada jaminan Anda pun lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *