Ini Perbedaan Dari Onderdil Motor Yamaha yang Asli dengan yang Palsu

Motor Yamaha adalah motor yang pastinya sudah sering Anda lihat di jalanan. Sebagai salah satu vendor motor yang terbesar di Indonesia, ada banyak sekali varian yang bisa Anda temukan di jalanan. Anda sendiri mungkin juga memiliki motor Yamaha di rumah Anda, yang Anda pakai setiap hari untuk kuliah atau bekerja. Karena umum dipakai inilah, maka onderdil motor Yamaha sangat mudah ditemukan, baik asli atau palsu.

Inilah yang menjadi berkah sekaligus juga masalah bagi pemilik motor-motor Yamaha. Anda memiliki banyak pilihan untuk memilih berbagai onderdil yang baru ketika Anda terpaksa harus menggantinya. Baik di bengkel-bengkel resminya maupun di bengkel biasa, Anda akan menemukan ada banyak suku cadang yang tersedia di tempat-tempat tersebut, tinggal Anda pilih saja. Namun Anda tidak bisa yakin apakah yang Anda beli tersebut adalah onderdil asli atau palsu, kecuali Anda membelinya di toko-toko resmi.

Baca juga: Onderdil Motor Honda Genuine Part

Resiko dari menggunakan onderdil motor yang palsu tentunya sangat besar. Kualitasnya jelas tak bisa dipertanggungjawabkan, membuat Anda tidak yakin apakah kondisi motor Anda akan selalu dalam keadaan yang baik. Onderdil palsu juga sangat riskan untuk digunakan karena standar kualitasnya sangat berbeda dibandingkan dengan onderdil asli yang akan Anda dapatkan dari Yamaha secara resmi. Selain itu, kemungkinan besar, garansi motor Anda juga akan dicabut kalau ketahuan.

Makanya, ketahuilah caranya untuk membedakan antara onderdil motor Yamaha yang asli dan palsu. Perhatikan hal berikut ini:

  1. onderdil motor yamahaKetikan jumlah barangnya

    Perhatikan dari bungkusan plastik Yamaha yang Anda dapatkan. Jika onderdil yang Anda beli adalah asli, maka tulisan jumlahnya adalah “1 PC”, dengan letak angka serta huruf yang terpisah, sementara yang palsu biasanya disambung semua.

  2. Keterangan isi onderdil lengkap

    Anda akan melihat bahwa onderdil Yamaha yang asli menuliskan isi barang-barang yang ada di dalamnya dengan lengkap di dalam bahasa Inggris, lengkap dengan kodenya. Sementara yang palsu biasanya tak ada keterangannya sama sekali.

  3. Kata-kata YAMAHA yang tersembunyi

    Di bagian paling bawah (di bawah keterangan tentang siapa pengedar onderdil), ada sekilas terlihat garis lurus yang membawahinya. Ini sebenarnya adalah kumpulan dari tulisan YAMAHA yang kecil-kecil sehingga membentuk seperti garis.

Selain hal-hal detail di atas, Anda juga secara umum bisa menentukan apakah spare part ini palsu atau tidak dari hal-hal di bawah ini:

  1. Harga

    Bagaimana pun juga, harga tak bisa bohong. Harga dari onderdil yang asli memang cukup mahal, tapi dengan kualitas yang kelas tinggi. Jangan sampai tergoda harga murah.

  2. Garansi resmi

    Onderdil yang asli juga memiliki garansi yang resmi dari Yamaha, bukan hanya garansi dari toko maupun distributor saja.

  3. Bahan yang kuat

    Bahan dari onderdil yang asli dibuat dengan bahan dari logam baja, dan bukan sekedar dari besi saja.

  4. Dijual di bengkel resmi

    Ini hal yang termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasinya. Onderdil asli hanya dijual di bengkel atau toko yang memang resmi, atau distributor yang memegang lisensi resminya. Anda tak akan menemukannya sembarangan saja.

Jadi, jangan sampai Anda tertipu dengan onderdil motor Yamaha yang versi palsunya. Lebih baik Anda merogoh budget yang lebih besar, namun dengan demikian motor Anda akan terlindungi sepenuhnya dan garansi masih tetap berlaku. Tak ada gunanya Anda menghemat beberapa Rupiah kalau pada akhirnya motor Anda justru yang kena getahnya dan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *