Inilah Langkah Pertolongan Pertama Pada Mobil Overheating

Overheating menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian besar pemilik mobil. Penggunaan mobil yang terlalu di forsir bisa menjadi salah satu pemicunya yang harus diperhatikan. Mobil yang overheating bisa membuat kendaraan tidak dapat melaju dengan baik bahkan berhenti mendadak karena kepanasan dan umumnya terjadi saat Anda sedang menempuh perjalanan jarak jauh. Untuk mengatasinya, ada langkah penanganan pertama jika Anda mendapati mesin mobil Anda terlalu panas.

Pertama adalah jangan memaksa kendaraan Anda. Jika Anda sudah mengetahui ciri atau tanda-tanda jika kendaraan roda empat Anda tersebut mengalami panas yang berlebihan, maka secepat mungkin jangan memaksakan kendaraan Anda untuk berjalan. Mobil yang terus dikendarai walaupun sudah overheating bisa menyebabkan kerusakan yang lainnya bahkan berakibat fatal misalnya bisa saja mobil menjadi terbakar.

 

Kedua adalah menepikan mobil dan kemudian mematikan mesin mobil. Jika Anda sudah merasa ada tanda yang tidak baik pada mobil Anda, ambil jalur kiri dan secepatnya berhenti lalu memberikan tanda agar pengguna jalan yang lain berhati-hati. Setelah itu, matikan mesin mobil Anda dengan tujuan agar mesin kendaraan roda empat tersebut tidak mengalami masalah yang lebih parah dan selalu awasi bagian jarum temperatur, matikan AC, nyalakan heater dan segera putar kunci ke on.

 

Ketiga adalah buka kap mesin mobil Anda sehingga panas mobil bisa berkurang. Cari bagian tuas kecil yang berfungsi untuk membuka kap mesin kemudian angkat. Namun, Anda harus berhati-hati jika tuas mobil ada di bagian dekat dengan radiator karena bisa saja tangan Anda tersengat panas dari radiator. Keempat adalah hindari untuk membuka tutup radiator jika mesin kendaraan Anda masih sangat panas. Hal ini dikarenakan jika Anda langsung membuka tutup radiator, uap panas dan air yang bertekanan tinggi bisa saja lepas dan melukai Anda bahkan bisa menyebabkan luka bakar yang serius.

 

Langkah selanjutnya untuk pertolongan pertama mengatasi mobil yang overheating adalah:

 

  • Cek tabung cadangan air radiator dan jika air radiator kurang, lakukan pengisian karena bisa berhayal untuk mesin. Untuk pengisiannya bisa dilakukan hingga posisi garis atas baik saat mesin mobil masih panas ataupun saat mesin mobil sudah dingin. Akan tetapi, jika kendaraan Anda tidak punya tabung radiator cadangan, maka mau tidak mau harus menunggu hingga mesin dingin kemudian membukanya. Karena hal tersebut, sebaiknya selalu sediakan cairan air radiator di mobil Anda.
  • Cari kebocoran yang ada di sistem pendingin. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda tahu mesin mobil dengan baik atau minimal tahu pengetahuan tentang sistem pendingin. Cek bagian radiator, kepala silinder dekat gasket, blok mesin. Jika Anda tidak tahu mengenai mesin mobil sebisa mungkin bawa ke bengkel.
  • Putuskan apakah akan dibawa jalan atau memanggil bantuan darurat, misalnya derek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *