Kelemahan Dari Onderdil Motor Honda Supra Fit

Semenjak tahun 2009, Honda Supra Fit mulai banyak dapat ditemukan di jalanan. Supra Fit merupakan generasi penerus dari Supra yang sudah terlebih dahulu di produksi oleh Honda. Berbicara mengenai otomotif motor, secara tak langsung akan menyinggung juga mengenai onderdil atau sparepartnya. Supra Fit sendiri memang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan penjualannya bisa dibilang laris manis. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, onderdil motor Honda Supra Fit pun juga mudah ditemukan di bengkel atau di dealer resmi milik Honda.

Pada awal penjualannya dulu, muncul beberapa keluhan konsumen yang merasa kecewa karena tampilan mika lampu sign depan berwarna kuning. Meskipun begitu, jumlah penjualan dari Honda Supra Fit tetap stabil. Pihak Honda sendiri langsung memberikan respon mengenai keluhan konsumen tersebut dengan memperbaiki sekaligus mengganti warna mika lampu sign menjadi bening pada seri Supra Fit berikutnya.

Pengendara motor Honda Supra Fit merasa ada pengalaman baik buruk ketika mengendarai motor kesayangannya tersebut. Dari penuturan para pengendara motor, beberapa kelemahan bawaan jika menggunakan onderdil motor Honda asli diantaranya yaitu:

  • Cone stir yang mudah oblak

Hanya dalam kurang setahun dari pembelian, cone stir dari motor sudah oblak. Kondisi cone stir yang rusak/oblak tersebut mempengaruhi handling stang ketika sedang melewati jalanan yang rusak/tidak rata. Penyebab dari masalah ini mungkin di karenakan shock depan motor yang keras. Para pengguna dari Supra Fit biasanya mengakali dengan mengurangi volume oli yang ada di shock depan motor. Tujuannya adalah supaya shock menjadi lebih empuk sehingga cone stir tidak mudah oblak.

  • Rantai yang mudah kendor

Para pengguna setia dari Supra Fit selalu mengeluhkan masalah yang sama, yakni rantai pabrikan motor yang mudah sekali kendor. Meskipun dapat diakali dengan di kencangkan berulang kali, lama kelamaan rantai motor akan melar. Beberapa pengguna akhirnya menyerah dan mencoba untuk mengganti sparepart gear set pabrikan motor mereka dengan merk lain yang lebih awet.

  • Injakan kopling lemah

Supra Fit mengadopsi sistem diafragma untuk urusan kopling yang ternyata justru membuat tarikan motor menjadi kurang responsif. Akibatnya tarikan motor terasa lebih berat dan lamban ketika sedang berboncengan atau melewati jalan tanjakan. Ada sebagian pengguna yang memilih untuk mengganti kopling dengan model lain dengan alasan ingin merasakan tarikan motor yang lebih responsif.

  • Keadaan ring piston yang lemah

Ring piston dari motor Honda kebanyakan tidak mampu menahan volume oli sehingga menyebabkan masuk kedalam ruang bakar meskipun umur mesin terbilang baru. Jika bagian depan mesin dibuka, akan terlihat kondisi piston serta boring yang membaret dimana-mana dan berwarna hitam seperti hangus terbakar. Keadaan ini yang membuat banyaknya laporan kasus mengenai motor Supra Fit yang mudah berkurang olinya dan mengeluarkan asap putih dari dalam knalpot.

  • Pada suhu dingin, mesin susah di nyalakan

Biasanya yang menjadi penyebab dari masalah ini adalah kondisi sistem bahan bakar yang ada di karburator. Bisa juga karena karburator yang kotor menyebabkan selang saluran udara mengalami kebocoran. Atau mungkin setelan karburator motor yang tidak tepat. Masalah ini akan muncul jika saat pagi hari sebelum mesin dipakai atau ketika mesin terlalu lama tidak di nyalakan. Dengan adanya perbaikan atau penggantian onderdil motor Honda yang tepat, masalah mesin susah di nyalakan dapat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *