Kesalahan yang Umum Terjadi dalam Mencuci Mobil dan Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Salah satu bentuk perawatan mobil adalah mencucinya. Dengan melakukan pencucian mobil dengan benar, maka mobil akan bersih dan terawat. Mobil juga akan lebih awet dengan mencucinya secara mobil. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa mencuci mobil sangat mudah, hanya perlu menyiram, menggosoknya dengan sabun lalu bilas dan selesai. Padahal dalam mencuci mobil yang tepat harus memperhatikan beberapa hal yang mendetail sehingga tidak akan berakibat buruk pada tampilan mobil.

Tidak jarang pula orang yang melakukan kesalahan dalam mencuci mobil sehingga menyebabkan tampilan mobil tidak maksimal. Berikut adalah kesalahan yang paling sering terjadi dalam mencuci mobil:

 

  1. Waktu pencucian. Tidak jarang orang yang mencuci mobil dengan waktu yang tidak beraturan, misalnya sebulan dua kali, terkadang 3 kali dan tidak menentu. Keterlambatan dalam mencuci akan mengurangi keindahan tampilan mobil Anda. Pemilihan waktu yang tepat untuk mencuci mobil yang baik adalah secara rutin sesuai dengan penggunaannya. Bila sering digunakan dan mobil sudah terlihat kotor, maka segera cuci mobil Anda. Minimal seminggu sekali cuci mobil Anda bila tidak terlalu sering digunakan.
  2. Tempat pencucian. Sebagian orang mungkin belum menyadari bahwa pemilihan tempat teduh adalah pilihan paling tepat untuk mencuci mobil. Sebagian orang yang melakukan pencucian mobil di bawah terik sinar matahari hanya akan menyebabkan mobil terlihat kotor. Air dan sabun yang mengering dengan cepat karena sinar matahari, membuat noda bercak timbul pada mobil. Bukannya semakin bersih dengan mencucinya, justru akan kotor akibat noda tersebut.
  3. Sabun yang digunakan. Pemilihan sabun yang kurang tepat untuk mencuci mobil umum terjadi pada masyarakat. Sabun yang kurang tepat digunakan untuk mencuci mobil adalah detergen dan sabun colek. Penggunaan sabun tersebut dapat membuat cat mobil mudah mengelupas dan rusak. Meski harganya memang jauh lebih murah, sebaiknya jangan gunakan jenis sabun tersebut. Gunakan sabun khusus pencuci mobil sehingga tampilan mobil lebih awet.
  4. Proses pengeringan. Pengeringan setelah selesai mencuci mobil banyak dilakukan menggunakan kain seadanya dengan anggapan yang penting kering. Padahal, penggunaan kain lap yang sembarangan dapat merusak body mobil. Gunakan kain lap yang khusus disediakan untuk mobil. Untuk kain lap yang bagus memang mahal harganya, tetapi ada pula kain lap yang harganya lebih terjangkau.

Dengan berbagai kesalahan yang umum terjadi tersebut, dapat menjadi bahan introspeksi diri sehingga dapat melakukan pencucian mobil dengan baik dan benar. Dengan demikian, tampilan mobil akan awet dan tahan lama. tampilan mobil yang awet dan tetap bagus akan mengurangi pengeluaran biaya perbaikan. Oleh karenanya, bila tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan, lebih baik rawat mobil dengan benar tepat sesuai prosedur yang berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *