Kiat Memilih Kendaraan yang Tepat untuk Offroad

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di luar ruangan baik menggunakan alat tertentu atau tidak. Salah satu kegiatan tersebut adalah offroad yang merupakan kegiatan olahraga yang mempergunakan mobil khusus dan dilajukan di tempat yang menantang seperti di tempat yang penuh bebatuan. Offroad terkenal sebagai salah satu olahraga yang cukup mahal dan untuk memilih mobil offroad yang tepat agar kegiatan Anda semakin menyenangkan, Anda harus mempertimbangkan hal berikut ini.

Pertama adalah pertimbangkan mengenai kapasitas dari mesin mobil yang akan Anda pilih. Mobil yang bisa dipergunakan untuk offroad bukan sembarang mobil karena akan dipergunakan di area dengan track yang lebih susah dan tidak merata. Mobil yang bisa dipergunakan adalah jenis mobil dengan CC yang tinggi minimal 1500 cc sehingga kegiatan offroad Anda menjadi semakin berjalan lancar dan terhindar dari kejadian terselip karena tidak bisa melewati medan.

Kedua adalah pertimbangkan mengenai ukuran ban. Ban yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan offroad adalah jenis ban yang memiliki ukuran yang cukup besar. Ban tersebut juga harus memiliki banyak ukiran sehingga mengurangi resiko mobil terselip dan bisa mencengkeram medan lebih bagus. Ketiga adalah body mobil. Pertimbangkan mengenai ketinggian dari mobil tersebut. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mengenai kekuatan dari body tersebut sehingga mobil tidak mudah penyok atau bahkan hancur saat digunakan untuk offroad. Anda bisa mempergunakan mobil bak terbuka, tidak hanya agar memudahkan Anda untuk menghirup udara segar namun juga bisa menambah sensasi adrenalin saat melakukan offroad.

Keempat adalah dengan mempertimbangkan jenis mobilnya. Jenis mobil yang dipergunakan adalah mobil dengan transmisi manual dan bukan matic karena jalan atau medan yang akan dilalui pasti berat. Mobil tersebut tidak hanya harus memiliki transmisi manual namun juga memiliki kecepatan transmisi yang cepat karena nantinya kecepatan transmisi tersebut akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan juga keselamatan Anda saat sedang melakukan offroad terutama di medan yang cukup berbahaya.

Walaupun banyak jenis mobil offroad yang bisa Anda beli di pasaran dengan harga yang cukup mahal, namun Anda bisa membangun atau membuatnya sendiri lewat pertimbangan di atas. Anda bisa mempergunakan jenis mobil 4×4 bekas perusahaan pertambangan yang umumnya memiliki kabin ganda dan bisa diperoleh dari Kalimantan. Di tahun 2015, mobil bekas tersebut bisa dibeli dengan harga yang bahkan ada yang di bawah Rp 100 jutaan. Setelah itu Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian misalnya menyesuaikan ban yang tepat sesuai dengan track dimana Anda akan melakukan offroad, apakah di track tanah atau bebatuan. Jangan lupa untuk memasang rollbar atau body bar agar mobil tidak penyok saat mobil terguling ataupun terbalik sehingga Anda juga lebih hemat karena tidak perlu untuk melakukan pengecatan ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *