Kiat Merawat Mobil Avanza Matic yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Toyota merupakan salah satu produsen mobil yang berasal dari Jepang yang mampu membuat beragam jenis mobil berkualitas yang banyak dipergunakan di Indonesia. Salah satu jenis mobil yang banyak dipergunakan adalah mobil matic Avanza. Disebut juga sebagai mobil sejuta umat, Avanza memiliki kabin yang cukup luas yang bisa dipergunakan untuk membawa penumpang lebih banyak. Ada Avanza dengan transmisi manual ada yang matic. Avanza dengan transmisi matic ini cocok untuk digunakan di kota besar misalnya di Jakarta. Agar mobil Avanza matic Anda tetap bisa tetap memiliki performa yang optimal, maka Anda bisa melakukan perawatan seperti berikut ini.

pertama adalah rutin untuk mengganti oli transmisi. Usahakan untuk selalu mengganti oli pada Avanza setidaknya 40-100 km walaupun ada beberapa bengkel profesional yang menyarankan untuk melakukan pergantian oli jika mobil Anda diganti setelah menempuh jarak setiap 20.000-25.000 km. Pilih oli yang tepat dan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan sehingga mesin mobil juga bisa lebih bekerja optimal karena tidak terbebani terlalu berat.

Kedua adalah dengan berhati-hati dan teliti saat menggunakan persneling. Walaupun Anda menggunakan jenis Avanza matic namun Anda tetap harus memperhatikan penggunaan persneling. Hindari untuk tidak menggunakan persneling P saat mobil berhenti karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan di persneling mobil. Selain itu, hindari menggunakan persneling D saat hendak memarkirkan kendaraan karena dapat membuat mobil mengalami kerusakan.

Ketiga adalah dengan melakukan uji jalan. Caranya adalah dengan memindah-mindahkan persenling mobil Anda dan coba dengarkan serta rasakan. Jika saat Anda sedang memindahkan persneling tersebut Anda mendengar suara yang berisik dan mobil menjadi sedikit terguncang maka hal tersebut menunjukkan jika sistem transmisi tersebut sedang mengalami masalah dan secepat mungkin segera membawanya ke bengkel.

Cara perawatan lainnya untuk mobil Avanza matic yang tepat agar tetap bisa digunakan dengan maksimal adalah:

  • Service mobil Anda secara berkala di bengkel resmi Toyota. Hal ini dilakukan agar mobil Anda bisa berjalan atau memiliki performa yang maksimal dan bisa mendeteksi kerusakan lebih dini sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih fatal yang dapat merugikan Anda.
  • Segera lakukan perbaikan jika melihat kerusakan misalnya terjadinya kebocoran oli yang bisa dilihat dari pengecekan oli yang Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan tongkat atau stick oli.
  • Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil terutama jika mobil tersebut jarang untuk Anda pergunakan. Lakukan pemanasan kendaraan selama 10-15 menit setiap harinya dan lakukan pemanasan mobil di tempat yang terbuka atau tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Saat Anda hendak memanaskan mobil, tempatkan tuas transmisi di posisi netral sehingga mobil tidak berjalan dengan sendirinya saat Anda memanaskan mesinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *