Mengulas Tentang 5 Kerusakan Umum dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Motor

service motor sendiri di rumahPara pemilik motor sering kali kurang memperhatikan motor mereka khususnya dalam hal melakukan service motor. Padahal hal ini cukup penting sekali untuk mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada motor yang terlalu sering digunakan. Jika Anda kini merupakan pengguna setia dari sepeda motor maka harus paham juga beberapa kerusakan yang bisa saja terjadi karena jarang melakukan service pada motor. Beberapa kerusakan memang masih dapat diatasi sendiri dan pengerjaannya bisa dibilang masih cukup mudah.

Ada beberapa jenis kerusakan pada motor yang umum terjadi dan wajib untuk dipahami oleh semua pengendara motor yang ada. Berikut ini adalah beberapa kerusakan ini antara lain:

  1. Aki soak, hal ini bisa terjadi karena cukup sering menggunakan klakson atau lampu yang bukan standar. Pada beberapa kasus hal ini juga disebabkan karena adanya penggunaan aki untuk melakukan charge ponsel. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan penambahan air aki atau melakukan charge aki.
  2. Mesin mati, jenis kerusakan ini bisa disebabkan oleh mesin yang terlalu panas pada saat sedang berkendara. Hal ini bisa diatasi dengan cara mematikan mesin sejenak untuk mendinginkan mesin lalu perlahan bisa menyalakan kembali mesinnya.
  3. Asap putih, pada knalpot beberapa motor sering kali mengeluarkan asap putih yang memberikan tanda bahwa ada kerusakan pada motor. Hal ini biasanya terjadi karena oli yang digunakan kurang baik kualitasnya. Untuk mengatasinya maka kita bisa melakukan penggantian oli dengan kualitas oli yang lebih baik lagi.

Sejumlah kerusakan yang sering terjadi pada mesin motor ini memang harus bisa kita pahami dengan baik, karena sering kali beberapa motor mengalami kerusakan yang berada di luar kendali. Bahkan kerusakan ini bisa terjadi pada saat kita mengendarai motor tersebut. Maka dari itu kita harus tahu juga cara menangani masalah kerusakan motor ini.

Jika Anda akan mengatasi masalah kerusakan ini pastinya bukan merupakan perkara yang sulit. Selain beberapa kerusakan diatas, masih ada beberapa kerusakan lain yang bisa terjadi antara lain:

  • Rem blong, ini terjadi karena kurang perawatan yang baik pada kampas rem di motor.
  • Rantai putus, terjadi karena penarikan rantai yang terlalu kuat atau terlalu longgar.
  • Motor mogok, perlu diwaspadai karena salah satu ciri motor mengalami penurunan kinerja.

Ketika sudah melihat beberapa permasalahan pada motor ini maka kita harus mulai sadar bahwa perawatan untuk motor sangat diperlukan. Jika Anda ingin motor yang bertahan lama usianya ada baiknya memang untuk di rawat dengan cara melakukan service sendiri atau datang ke dealer. Hal ini akan membuat kerja motor juga akan lebih baik dan terhindar dari sejumlah kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *