Meski Terlihat Sama, Ini Dia Jenis Alarm yang Sering Digunakan Masyarakat Indonesia

 

Mobil memang merupakan suatu kendaraan yang dianggap mewah oleh masyarakat Indonesia, tidak heran jika setiap harinya ada saja kasus pencurian mobil di Indonesia yang dilakukan oleh oknum yang menginginkan kendaraan tersebut, namun tidak mampu untuk membelinya. Untuk membuat mobil Anda tetap aman, Anda bisa memasangkan alarm yang dapat berbunyi jika ada sesuatu yang mengusik mobil Anda. Alarm mobil pun juga sebenarnya berbeda-beda, meski pun tidak ada yang menyadarinya. Berikut ini adalah macam jenis alarm mobil yang bisa Anda gunakan dan memang kebanyakan dipakai oleh masyarakat Indonesia:

 

  • Aktif

Jenis alarm yang satu ini memang memungkinkan para pemiliknya untuk mengaktifkan alarm ini ketika mereka sedang meninggalkan mobil atau mengunci mobil. Anda pun dapat mengaktifkan alarm tersebut dengan menggunakan remote yang sudah tersedia. Namun, jenis alarm ini baru akan aktif jika sang pemilik memencet tombol dari remote tersebut untuk menghidupkannya. Jika tidak ditekan, maka alarm tersebut pun tidak akan aktif. Jadi, Anda pun selalu dituntut untuk selalu ingat mengaktifkan alarm itu.

  • Pasif

Jenis yang selanjutnya adalah jenis alarm pasif. Alarm jenis ini memang terhitung lebih cerdas dibanding dengan tipe aktif. Alarm ini dapat aktif secara otomatis ketika Anda mematikan kunci kontak, dan juga sudah menutup seluruh pintu. Jadi, Anda pun tidak perlu menekan tombol setiap kali akan meninggalkan mobil. Anda pun akan lebih leluasa dan juga nyaman dalam pemakaiannya. Selain itu, jenis yang satu ini juga menjadi jenis terbanyak yang dipakai oleh beberapa perusahaan asuransi di Indonesia.

  • Audible

Menurut teknologi, alarm juga dapat dibedakan menjadi 2 tipe, yang pertama adalah jenis audible. Jenis ini menggunakan sensor dari gerakan yang bisa Anda letakkan pada beberapa titik pada mobil Anda. Jika sensor tersebut ada yang mengganggu, maka alarm pun akan berbunyi dengan sangat keras, dan pastinya alarm tersebut tersembunyi dalam mobil. Jenis ini pun sangat sensitif, jadi akan lebih baik jika berhati-hati memakainya. Pilihlah alarm asli dari jenis ini dan jangan mudah tertipu dengan yang palsu.

  • GPS

Jenis terakhir dari alarm yang disesuaikan dengan teknologi sekarang yang sudah sangat mutakhir adalah alarm GPS. Jika ada yang mencurinya, maka tidak akan ada suara keras yang berbunyi. Namun, Anda pun akan bisa menerima notifikasi melalui SMS atau pun email adanya pencurian tersebut dan dapat mengetahui dan juga melacak dimana letak mobil tersebut. Selain memberikan informasi mengenai letak mobil tersebut berada, namun alarm tersebut juga dapat memberitahukan pihak berwajib untuk segera menangkapnya. Jadi, tidak perlu khawatir jika mobil Anda akan hilang karena kecurian. Sistem ini akan berfungsi jika pencuri sudah mendobrak mobil Anda. Lokasinya pun akan terlacak dengan bantuan sistem satelit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *