Motor Berbunyi Aneh Jika Dinyalakan, Ini Penyebabnya!

Pengendara sepeda motor lebih banyak dibandingkan pengendara mobil karena untuk memiliki SIM roda dua relatif lebih mudah dari pada keahlian yang harus dimiliki untuk mendapatkan SIM roda empat. Hal itulah yang juga ikut menyebabkan jumlah motor semakin banyak di Indonesia. Selain semakin banyak juga penggunaannya semakin sering, bukan hanya untuk mengantar ke tempat yang jauh namun juga untuk memutari kompleks bahkan bermain kebut-kebutan untuk sebagian kalangan. Seringnya penggunaan sepeda motor ini bisa menyebabkan adanya suara aneh yang terdengar ketika mesin dihidupkan.

Suara aneh tersebut umumnya timbul di bagian bodi motor. Bodi motor atau sering disebut cashing merupakan bagian terluar dari motor yang melindungi bagian dalamnya. Berupa lempengan atau bagian-bagian yang disatukan menggunakan baut dan mur untuk menghasilkan keseluruhan bodi yang sempurna. bodi motor sendiri terbuat dari material yang bisa terpengaruh oleh panas dan iklim khususnya bagian penguncinya. Ketika motor sudah sering digunakan rata-rata lebih dari 2 tahun, maka bagian pengemudi bodi motor akan mengalami proses pemuaian sehingga lebih longgar dari yang seharusnya.

Longgarnya bagian pengunci bodi ini membuat bodi bergeser ketika mesin dihidupkan. Pergeserannya yang berulang-ulang menimbulkan suara dan getaran. Getaran tersebut bisa mengurangi kenyamanan apalagi jika suara yang dihasilkan cukup keras. Jika motor Anda sudah mengalami kondisi yang demikian, sebaiknya segera membawanya ke bengkel resmi terdekat untuk dikencangkan pada bagian yang kendur tersebut.

Mengencangkan bodi motor sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Namun jika pergeseran terjadi sudah lama, bisa jadi mur atau baut yang menyatukannya hilang terjatuh. Karenanya Anda perlu membeli lagi yang baru untuk bisa menyatukan lempengan bodi. Selain itu, bagian pengunci bodi bisa patah akibat getaran yang terus menerus. Jika ini terjadi mau tak mau Anda harus membeli bagian lempeng bodi baru untuk menggantikan bodi lama yang telah patah. Jika tidak diganti dan tetap menggunakannya, bisa jadi kerusakan akan lebih parah dan ditakutkan bisa patah di jalan raya yang mengganggu pengguna jalan lainnya.

Untuk body spare part motor sudah bisa Anda beli di berbagai toko onderdil maupun di bengkel resminya. Dari yang asli hingga KW dan palsu bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Namun sebaiknya membeli spare part atau lempeng bodi asli sehingga pas dengan lempeng bodi yang lainnya. Atau jika Anda mau mengganti dengan yang KW, sebaiknya mengganti keseluruhan bodinya dan menyimpan bodi asli agar lebih awet. Hal ini sering dilakukan jika Anda bertujuan untuk menjual motor kembali kelak jika sudah memiliki yang baru. Untuk mencegah timbulnya suara pada bodi sedini mungkin, Anda bisa memesan pada petugas service untuk mengencangkan baut pada bodi setiap kali melakukan service rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *