Pahami Kerusakan yang Menjadi Penyebab Aki Mobil Anda Bermasalah Berikut Ini!

Sebuah mobil dapat berjalan akibat adanya beberapa komponen mesin yang saling bekerja dan dapat menghasilkan arus sehingga menghasilkan tenaga. Nah, salah satu item yang mempengaruhi tersebut adalah adanya aki. Accumulator tersebut mempunyai peran yang penting, walaupun pada dasarnya item pada mesin tersebut penting dan saling berkaitan. Makanya dengan demikian Anda harus melakukan perawatan dengan baik supaya tidak terjadi masalah pada mobil akibat aki. Banyak mobil yang tiba-tiba macet, sulit di starter ataupun lainnya itu disebabkan oleh gangguan pada aki.

Untuk merawat aki pada mobil sendiri itu sebabnya tidaklah sulit, bahkan Anda tidak perlu untuk memasukkan mobil ke bengkel resmi jika terjadi masalah pada aki. Seperti pengisian air, membersihkan jamur, kerak yang mungkin menempel pada bagian aki tersebut. Terkadang perawatan yang baikpun kurang meminimalisir masalah pada mobil jika penggunaan masih salah. Misalnya penambahan beban pada aki dengan menggunakan klakson yang berlebihan, memasang perangkat audio, ataupun lainnya yang membuat kerja aki semakin lebih berat lagi.

Jika aki sudah mengalami kerusakan yang parah seperti tekor, pastinya Anda sendiri yang akan dirugikan. Contohnya saja ketika akan menyalakan mobil pasti akan kesulitan, bahkan memerlukan bantuan dorongan. Makanya penting memahami penyebab kerusakan aki supaya dapat Anda minimalisir, sebagai berikut:

  • Aki terlalu banyak beban.

Mempunyai mobil dengan interior yang dipasangi berbagai audio sistem memang akan terlihat sangat bagus dan keren pastinya. Banyak sekali masyarakat yang memilih hal tersebut dalam memodifikasi mobilnya supaya terlihat lebih apik. Nah, padahal hal tersebut akan membuat aki bekerja lebih berat. Beban tersebut akan mengakibatkan aki yang mudah sekali panas dan cairan yang ada didalamnya menguap. Jika hal ini dibiarkan pasti akan mengakibatkan kerusakan yang lebih buruk.

  • Over dan under charger.

Lalu penyebab kerusakan aki selanjutnya adalah kerusakan yang diakibatkan saat mengalami pengisian entah itu over charger atau bisa juga under charger. Hal ini juga bisa membuat umur dari aki tersebut semakin pendek. Makanya kenapa penting sekali melakukan pemeriksaan secara berkala bagian tegangan pengisian dari bagian alternator ke aki.

  • Pengguna yang lalai.

Dan yang terakhir adalah kemungkinan yang dilakukan oleh pemilik sendiri karena terlalu lalai dalam menggunakan. Misalnya saja melakukan penyetelan audio yang terlalu kencang, lupa mematikan lampu ataupun lainnya.

Nah, itulah ketiga hal yang sering menjadi penyebab utama kerusakan pada aki dalam mobil Anda. Dengan sedikit penjelasan diatas, Anda bisa melakukan cara untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah dengan beberapa usaha yang dapat dilakukan. Dari mulai pengecekan, pengisian ulang dan lain sebagainya. Demikian sedikit informasi dari penyebab masalah pada aki mobil, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *