Perawatan Penting Mobil Toyota Avanza Agar Tidak Cepat Rusak

Toyota Avanza tergolong sebagai tipe kendaraan yang paling laris manis di dalam negeri, mobil besutan Toyota ini setidaknya sudah terjual hingga jutaan unit hanya dalam jangka waktu beberapa tahun saja, sehingga membuat Toyota juga tak segan-segan untuk mengeluarkan seri Avanza lainnya, namun dalam model yang berbeda. Salah satu alasan banyak diantara masyarakat yang menjadikannya sebagai pilihan adalah dikarenakan tawaran harganya murah meriah namun sudah mendapatkan jenis mobil keluarga yang sangat nyaman untuk dipakai jalan-jalan.

Tidak hanya itu jenis kendaraan yang satu ini juga tawarkan banyak sekali nilai lebih mulai dari bahan bakar yang tergolong cukup irit dan masih banyak yang lainnya. hanya saja sama seperti kendaraan yang lainnya tentunya sudah menjadi kewajiban bagi konsumen untuk melakukan perawatan secara tepat, sehingga kendaraan tersebut tidak mudah mengalami kerusakan, berikut ini setidaknya ada beberapa tips perawatan yang wajib dilakukan untuk mobil Toyota avanza, yaitu:

  1. Rutin ganti oli, pergantian oli transmisi setidaknya dilakukan pada jarak tempuh antara 40.000 hingga 100.000 km, namun akan lebih baik jika pergantian dilakukan secara rutin berkala beberapa bulan sekali, sehingga tarikan dari mobil tersebut juga menjadi kian nyaman. Jangan abaikan bagian yang satu ini karena fungsinya amat sangat penting untuk kendaraan yang dimiliki.
  2. Gunakan perseneling secara teliti, hal yang sering kali juga dilupakan oleh pemilik kendaraan adalah kehati-hatian dalam menggunakan perseneling ini, waspada jangan sampai perseneling dalam kondisi P ketika mobil berhenti, kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebab kerusakan dari perseneling mobil. Begitu juga ketika tengah memarkirkan kendaraan sebaiknya jangan menggunakan jenis perseneling D.
  3. Melakukan uji jalan, sebagai pengguna dan juga pemilik mobil hal yang satu ini ternyata sangat penting untuk dilakukan, dimana Anda harus sering mengganti-ganti atau pindah-pindahkan perseneling kendaraan, hal ini difungsikan untuk mengetes kemampuannya,. Karena jika hanya digunakan untuk satu atau dua bagian saja bisa sangat mempengaruhi kinerja dari kendaraan tersebut.
  4. Mengenal jenis kerusakan yang terjadi kemudian langsung diperbaiki, mobil bermasalah pada umumnya adalah hal yang wajar apalagi ketika sering digunakan, . masalah-masalah tersebut faktor penyebabnya sudah pasti berbeda, sebagai pengguna alangkah baiknya bagi Anda untuk mengenal apa saja jenisnya kemudian membawanya ke tempat service untuk lakukan perbaikan, sebelum masalah bertambah menjadi parah.
  5. Lakukan pemanasan mobil secara teratur sebelum maupun ketika tidak digunakan, hal lainnya yang juga musti mendapatkan perhatian adalah memanaskan kendaraan. Baik itu saat akan digunakan atau tidak, sehingga mobil tidak mengalami shock ketika lama tidak digunakan kemudian digunakan lagi.

Cukup mudah sebenarnya merawat mobil Toyota Avanza ini, alasan lainnya yang membuat banyak konsumen membeli jenis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *