Simak 4 Kiat Ini Supaya Tidak Salah Saat Belanja Ban Motor

Pengguna sepeda motor tentu paham betul arti penting sepasang ban dalam kendaraan yang sering dipakai berlalu-lalang tersebut. Motor merupakan jenis kendaraan dengan sepasang roda dan baiknya memilih roda yang berkualitas supaya awet dan tahan lama. Jenis atau merek ban khusus motor di pasaran cukup banyak dan sebagian diyakini memiliki kualitas yang mengecewakan, selang beberapa bulan dipakai sudah menunjukan tanda-tanda error. Anda tentu tidak ingin merasakan situasi tersebut maka sejak awal membeli ban motor baru pastikan memilih dengan benar.

Untuk bisa mendapatkan sepasang ban motor yang bagus dan memuaskan, maka Anda bisa menyimak beberapa kiat di bawah ini:

  • Teliti dalam melirik reputasi merek ban tersebut,

Merek ban motor yang ada di pasaran tentu sangat banyak, daripada pusing menentukan pilihan maka tengok saja reputasinya seperti apa. ban yang disediakan oleh produsen yang tidak pernah mengecewakan pemakainya dijamin memiliki kualitas mumpuni dan layak dibeli. Kalau reputasi merek dikenal jelek, murahan, dan sejenisnya maka jangan memberanikan diri memilikinya meski harga yang ditawarkan sangat miring.

  • Memperhatikan motif kembang pada ban,

Menjadi mitos kalau motif kembangan ban tertentu adalah yang terbaik, karena meski perlu diperhatikan bukan berdasarkan mitos tersebut. Melainkan perlu memilih dua jenis motif kembangan yang berbeda untuk ban depan maupun ban belakang. Misalnya saja untuk ban depan dianjurkan memilih motif bentuk hurup A yang bisa membantu menerjang air dengan mudah. Sementara ban belakang memiliki motif berbentuk huruf V ketika diamati dari arah yang sama, sehingga memberi keseimbangan maksimal.

  • Menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui,

Kondisi jalan yang sering dilalui tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu faktor penentu jenis ban motor yang ideal untuk diambil. Apabila sering melewati jalanan pegunungan yang naik turun serta sering basah terkena air hujan, maka pilih ban dual porpose. Sementara kalau melewati jalanan yang kering dan belum tersentuh aspal maka lebih cocok menggunakan ban jenis off road. Jenis yang berbeda memiliki ketahanan berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui selama mengendarai motor.

  • Disesuaikan dengan ukuran pelek motor,

Ukuran pelek di dalam motor menjadi penentu dalam memilih ban supaya diameternya memang sesuai. Ketika tidak ditemukan kesesuaian, misalnya pelek diameternya lebih lebar maka daya cengkeram ban akan berkurang. Tentu resiko mengalami selip dan terpeleset saat jalanan licin oleh air hujan akan semakin tinggi. Resiko mengalami kecelakaan pun akan selalu mengancam, percuma sudah membeli ban bermerek dan harganya mahal kalau pada akhirnya diameter peleknya tidak pas. Maka jangan asal pilih, konsultasikan dulu pada ahlinya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *