Simak 4 Trik Berikut Agar Modifikasi Motor Anda Tak Menjadi Alay

Kegiatan memodifikasi kendaraan sepeda motor mungkin menjadi pengalaman yang menarik untuk dilakukan. Tak heran jika banyak orang yang memiliki motor mencoba untuk melakukan modifikasi, demi merubah tampilan fisik maupun mengoreksi performa mesinnya. Merasa motor melaju terlalu lamban maka tanpa pikir panjang pemiliknya akan memodifikasi kendaraan tersebut agar bisa berjalan lebih cepat. Urusan penampilan pun demikian, namun meski menjadi kegiatan seru dan mengasyikan rupanya tidak semua modifikasi menghasilkan manfaat menguntungkan bagi pelakunya.

Tanpa sengaja kadang penampilan motor menjadi terlalu alay atau berlebihan sehingga alih-alih sedap dipandang, yang ada malah terkesan norak. Hindari resiko ini dengan menyimak trik berikut:

  • Hindari knalpot bising,

Beberapa pemilik motor dengan pedenya mengganti knalpot standard pabrik dengan knalpot yang bisingnya luar biasa. Anggapannya memang untuk menjadikan motor lebih keren dengan suara yang menggelegar. Akan tetapi kalau dilakukan bisa jadi suara bising ini malah mengganggu pengguna jalan lain dan masyarakat setempat. Salah-salah malah sering menerima teguran sehingga perjalanan naik motor jauh dari kata nyaman karena banjir komplenan.

  • Jangan memakai velg ban lebih kecil,

Opsional untuk memakai velg memang kerap diambil oleh pemilik motor yang berencana melakukan modifikasi. Sah saja jika mengambil velg dengan ukuran berbeda agar tinggi motor juga mengalami perubahan yang signifikan. Akan tetapi jangan sampai kekecilan dan menyebabkan motor menjadi terlalu pendek. Selain penampilannya menjadi aneh dan nyleneh nantinya juga mengganggu fungsi rem sehingga tidak pakem lagi. Apakah sepadan menukarkan keselamatan berkendara dengan tampilan motor yang cukup mencolok?

  • Tidak ekstrim saat mengubah warna body,

Modifikasi yang juga paling sering diambil pemilik motor adalah mengubah warna cat bodynya, entah sekedar diberi stripping berbeda. Ataupun hingga merubah semua warna pada body motor keseluruhan sehingga benar-benar tampil beda. Mengubah corak dan warna body motor masih boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan. Jangan sampai terlalu ekstrim karena tidak lagi sesuai dengan informasi warna yang tercantum pada STNK. Dijamin mudah kena tilang, sehingga motor tidak lagi aman diajak berkeliling banyak tempat, cobalah merubah warna seperlunya saja.

  • Penambahan lampu secukupnya saja,

Penambahan lampu juga menjadi langkah modifikasi yang kerap kali diambil untuk memberi kesan nyentrik pada motor kesayangan. Akan tetapi hindari menambahkan lampu secara berlebihan sebab bisa menganggu kenyamanan pengguna jalan lain akibat pantulan sinar lampunya yang terlalu menyilaukan. Belum lagi ada resiko aki motor mudah tekor karena banyak lampu yang mesti dinyalakan oleh aki tersebut. Kadang orang yang melihat modifikasi semacam ini menyamakan motor dengan odong-odong, menyakitkan bukan? Padahal menambah lampu biayanya tidaklah sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *