Simak Hal-hal yang Harus Anda Lakukan Saat Menghadapi Macet

Bertempat tinggal di kota besar di Indonesia dan memilih mobil pribadi sebagai kendaraan Anda untuk berpergian pastinya sudah terbiasa dengan yang namanya kemacetan. Meskipun Anda berpergian saat pagi hari mau pun malam hari, Anda tidak bisa menghindari kemacetan yang terjadi setiap harinya di jalan yang besar mau pun kecil. Saat terjebak macet, kewaspadaan dan kesabaran kita pun diuji. Kita harus memperhatikan kendaraan lain, apakah terlalu dekat dan dapat saling bersinggungan atau tidak. Maka, dibawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan saat terjebak macet:

  • Kurangi Intensitas Setengah Kopling

Jika Anda menggunakan mobil manual, saat terjebak macet ada baiknya jika mengurangi intensitas setengah kopling. Teknik kopling setengah ini biasa digunakan untuk membuat respon saat mobil bergerak semakin cepat. Sebenarnya, teknik ini tidak begitu dianjurkan untuk para pengendara karena teknik ini dapat membuat kopling Anda habis. Memang terkadang pengendara ingin cepat-cepat jalan meski hanya sedikit ketika macet, namun teknik ini harus dikurangi pemakaiannya. Juga lebih baik jika teknik ini tidak dipakai karena nantinya akan membuat Anda lelah dan kopling pun akan cepat habis dan panas.

  • Transmisi Berada dalam Posisi Netral saat Berhenti

Kemacetan memang seringkali menyita banyak waktu pengendara dan biasanya membuat stress. Saat terjebak kemacetan, jangan lupa untuk memindahkan transmisi Anda ke posisi netral. Untuk mobil manual, hal ini dilakukan untuk menjaga adanya kemungkinan terlepasnya pedal kopling saat pengemudi mengubah posisi transmisi ke posisi aktif. Pada mobil automatic atau matic, Anda transmisi Anda tidak dianjurkan untuk berada dalam posisi D terus menerus karena hal ini dapat mengikis kanvas rem dan mengakibatkan kanvas rem lebih cepat using dan habis.

  • Gunakan Lampu Sein

Jika Anda hendak memotong, berpindah jalur atau berputar, Anda harus memastikan untuk memakai lampu sein demi memberi isyarat bagi mobil lain yang berada di belakang mau pun sekitar Anda. Saat macet, tidak semua kendaraan akan membiarkan Anda jalan atau memotong mereka. Untuk itu Anda harus sabar dan jangan terburu-buru untuk menginjak gas, karena hal ini tidak memberikan keuntungan apa pun bagi Anda. Lebih baik anda bersabar dan waspada dan bisa mencapai tujuan Anda dengan selamat dari pada terburu-buru dan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dengan melakukan ketiga hal tersebut saat macet, maka Anda pun akan selamat sampai tujuan Anda dengan selamat tanpa kekurangan suatu apa pun. Ketiga hal diatas tentu sangat ampuh pada saat menghadapi macet. Memang, yang paling diperlukan saat macet hanyalah kesabaran dan kewaspadaan. Jangan sampai Anda menyenggol atau bersinggungan dengan kendaraan lain. Anda akan menanggung rugi yang cukup besar jika tidak sabar dan itu adalah resiko yang tidak dapat dihindari dalam mengendarai mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *