Ternyata Ini yang Menyebabkan Rantai Motor Kendur dan Cepat Putus

Saat Anda berkendara menggunakan motor maka Anda harus berhati-hati tidak hanya saat berkendara namun juga karena kondisi motor yang Anda gunakan. Kendaraan beroda 2 ini harus selalu dicek kondisinya sebelum dikendarai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan salah satunya adalah rantai yang putus. Kerusakan pada rantai motor ini sering kali terjadi dan akan sangat fatal jika rantai sampai putus, sebab rantai juga termasuk ke dalam komponen yang sangat penting pada motor karena jika terjadi masalah pada bagian ini, bisa-bisa mencelakakan Anda dan orang lain.

Rantai yang putus disebabkan oleh banyak hal dan Anda harus mengetahuinya agar bisa menambah pengetahuan Anda dan meminimalkan resiko rantai yang putus pada motor. Pertama adalah karena kondisi medan yang dilalui. Tidak jarang karena kondisi medan yang bergelombang atau tidak mulus menyebabkan rantai kendur dan akhirnya putus karena lengan ayun pada moor sering bergerak yang membuat rantai motor menjadi tersentak.

Kedua adalah karena sering melakukan gas secara mendadak atau gas kasar. Beberapa orang kerap kali menarik tuas gas terlalu keras dan mendadak atau menggeber. Perlakuan ini ternyata tidak hanya berimbas pada mesin namun juga pada rantai motor yang akan kendur dan kemudian menjadi putus. Ketiga adalah karena over capacity. Masing-masing motor memiliki bobot maksimal yang bisa ditahan namun, tidak jarang motor sering digunakan senang-senang bahkan untuk boncengan 4 orang atau karena harus membawa barang yang cukup banyak sehingga menyebabkan motor tersebut harus bekerja keras menahan beban yang lebih dari kapasitas. Hasilnya, rantai bisa menjadi kendur ataupun putus bahkan dapat berpengaruh pada mesin motor.

Keempat adalah adanya genangan air hujan atau terlalu sering terkena air hujan. Banyak orang yang tidak sadar jika air genangan hujan yang sudah bercampur dengan lumpur bisa menyebabkan gemuk atau bagian grease yang ada di rantai motor menjadi berkurang bahkan bisa hilang sama sekali. Jika gemuk tersebut hilang maka pelumasan pada oli menjadi kurang maksimal dan suhu rantai motor menjadi cepat panas sehingga menyebabkan rantai kendur dan akhirnya putus.

Faktor lain yang menyebabkan rantai menjadi kendur dan akhirnya cepat putus adalah:

  • Rantai yang tidak di setting dengan benar. Sering kali karena pemasangan rantai yang tidak benar misalnya setelah Anda mengganti rantai karena rantai lama sudah bisa terbilang aus, dan rantai terlalu kencang ataupun terlalu longgar bisa berakibat pada rantai kendaraan bermotor yang kendur dan kemudian putus.
  • Perawatan yang tidak dilakukan dengan baik. Setiap kendaraan, terutama yang kerap dipergunakan, harus bisa dirawat dengan baik seperti di bagian rantai. Bagian ini harus selalu diberi pelumas atau grease sehingga rantai tetap dalam kondisi yang licin serta tidak keras saat Anda menggunakan kendaraan roda dua ini. Gunakan oli secukupnya karena jika terlalu banyak malah bisa membuat rantai menjadi kendur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *