Tips Aman Mengendarai Motor Selama Musim Hujan

Musim hujan berarti harus menyediakan beberapa macam perlengkapan untuk mencegah diri Anda nantinya akan basah kuyup, diantaranya adalah payung, sedangkan untuk Anda yang sudah terbiasa di dalam mengendarai sepeda motor, maka harus mempersiapkan mantel, karena sewaktu-waktu nantinya akan sangat membutuhkan sarana yang satu ini ketika sedang dalam perjalanan hujan tiba-tiba mengguyur. Tak bisa dipungkiri jika seandainya sebagian besar diantara masyarakat Indonesia adalah pengguna kendaraan roda dua ini, untuk menunjang berbagai macam aktivitasnya.

Tak peduli dalam cuaca yang panas, maupun di tengah hujan pastinya tetap akan mengendarai motor untuk bisa melakukan berbagai macam kegiatan, namun tentunya berkendara di tengah hujan yang mengguyur sendiri juga bukan hal yang aman dilakukan. Pengemudi juga harus melihat intensitas dari hujan tersebut, mengingat ada beberapa jenis hujan lebat yang tidak bisa diterjang, karena akan sangat kurang aman bagi pengendara. Berikut ini tips aman bagi Anda yang ingin berkendara motor di tengah musim hujan, diantaranya adalah:

  1. Fisik harus dalam kondisi prima, ketika terkena guyuran air hujan, secara langsung suhu tubuh yang tadinya hangat tiba-tiba akan dingin, dengan perubahan suhu secara tiba-tiba inilah yang menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan rawan menjangkiti. Apalagi mereka yang pada dasarnya kurang prima, pastinya akan sangat rentan kehilangan fokus pada saat mengendarai motor, apalagi dalam kondisi ini umumnya jalanan akan begitu licin.
  2. Pakailah sepatu boots, akan jauh lebih aman mengenakan sepatu boots dibandingkan dengan sandal jepit biasa, karena model sepatu ini akan sangat membantu kaki Anda untuk terhindar dari air, begitu juga untuk menjaga kenyamanan selama akan berkendara di atas genangan air tersebut.
  3. Selalu bawa mantel di dalam jok, untuk mencegah hujan sewaktu-waktu mengguyur ketika Anda tengah dalam perjalanan, maka akan jauh lebih aman untuk sedia mantel hujan setiap saat, sarana yang satu ini akan sangat membantu Anda di saat gerimis bahkan juga hujan lebat tiba-tiba mengguyur, apapun intensitasnya jangan berkendara dalam kondisi terbuka, ini akan menyebabkan tubuh rawan masuk angin.
  4. Selalu cek kondisi ban, jika ternyata sudah mulai aus atau menipis, hendaknya gantilah dengan yang baru, karena kondisi jalanan di tengah genangan air hujan ini begitu berbahaya bagi bank yang tipis, karena bisa memicu terperosok.
  5. Pastikan juga kondisi rem sepeda masih berfungsi dengan baik, apalagi akan digunakan berkendara di tengah jalanan yang licin, sehingga sewaktu-waktu butuh mengerem.
  6. Hati-hati berkendara di jalanan yang penuh dengan genangan air, karena tak jarang diantaranya memiliki kondisi jalan yang tidak rata, sehingga pastinya ada lubang yang harus dihindari.

 

Tepat aman berkendara apapun kondisinya, termasuk di musim hujan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *