Tips Menghindari Kemacetan Ketika Menggunakan Mobil

Mudahnya membeli kendaraan seperti mobil meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Kini berbagai kalangan masyarakat sudah banyak yang memiliki mobil sebagai sarana transportasi pribadi maupun keluarga. Sayangnya hal ini tak diimbangi dengan bertambahnya ruas jalan terutama di perkotaan. Tak jarang sebuah mobil yang besar dan luas hanya dinaiki oleh satu orang saja sehingga jumlah mobil yang ada di jalan raya semakin besar dan menyebabkan kemacetan. Belum lagi kesadaran berkendara yang bijak masih kurang dimiliki oleh sebagian pengemudi sehingga hanya mementingkan diri sendiri ketika berada di jalan raya.

Fenomena banyaknya jumlah kendaraan besar seperti mobil ini menambah panjang rute kemacetan yang terjadi terutama di kota besar. Pemerintah tentu saja tak tinggal diam dengan membangun ruas jalan baru hingga jalan bebas hambatan. Namun pembangunan tersebut tentu akan memakan waktu hingga bertahun-tahun lamanya. Selagi menunggu, jumlah kendaraan bisa saja terus bertambah. Untuk itu diperlukan alternatif lain untuk mengurangi kemacetan yang bisa dilakukan oleh setiap pengemudi mobil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi angka kemacetan di jalan raya.

 

  • Maksimalkan penggunaan mobil.

Maksimalkan penggunaan mobil dalam hal jumlah penumpang dan manfaat mobil tersebut. Hindari mengendarai mobil jika hanya sendirian saja untuk mengurangi jumlah kendaraan besar di jalan. Jika ingin mengantar anak-anak sekolah maka antarlah mereka dalam satu kali perjalanan bersama Anda berangkat kantor untuk memaksimalkan penggunaan mobil.

 

  • Cek rute jalan melalui fasilitas GPS.

Kini sudah banyak digunakan fasilitas internet untuk mengetahui kemacetan yang terjadi pada rute perjalanan yang akan Anda lakukan. Sebisa mungkin hindari jalur padat meski Anda harus memutar arah. Hal ini lebih bijaksana dari pada Anda masuk ke dalam kemacetan yang bisa mengakibatkan ketidakpastian waktu tiba di tujuan, pemborosan bahan bakar dan stres.

 

  • Hindari jam padat.

Pastinya ada jam-jam padat yang terjadi di jalan raya misalnya jam 7 hingga 8 saat banyak orang berangkat kerja, atau jam 4 hingga 6 sore saat orang-orang pulang kerja. Hindari berkendara apalagi dengan menggunakan mobil di jam tersebut atau gunakan rute yang tak banyak digunakan oleh pekerja.

 

  • Service mobil secara berkala.

Salah satu penyebab kemacetan adalah adanya mobil yang mogok atau terjadi kecelakaan lalu lintas. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda melakukan cara perawatan mobil secara berkala. Hal ini bisa mengurangi resiko mobil mogok dan terjadinya kecelakaan akibat berkurangnya fungsi operasional pada mobil.

Itulah beberapa tips cara untuk mengurangi angka kemacetan sehingga Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman. Sesekali gunakan kendaraan umum untuk ikut mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *