Tips Mudah Membedakan Onderdil Motor Honda Asli dan yang KW

Sering kali diantara Anda mungkin mengalami masalah dengan kendaraan ketika tengah digunakan, mulai dari ban bocor, sulit di starter hingga tak mau hidup. Sebenarnya ini adalah indikasi bahwa kendaraan tersebut bermasalah. Harus lebih sering disservice agar tau apa masalahnya dan bagaimana cara untuk mengembalikannya ke kondisi semula. Banyak diantara masalah pada kendaraan di sebabkan oleh onderdil yang minta ganti baru. Onderdil motor Honda banyak dijual sekarang ini di pasaran, namun juga hati-hati dalam memilih karena tak semua produknya memberikan jaminan keaslian.

Beberapa jenis spare part memang tak butuh diganti dengan yang ori, karena memang produk lainnya masih support dengan yang baru. Hanya saja tak jarang pula yang membutuhkan gantian onderdil asli, ini digunakan untuk menunjang daya pakainya sehingga lebih tahan lama. Harga mungkin lebih mahal, namun setidaknya Anda dijamin kualitas tanpa harus gonta-ganti yang baru.

Mencari onderdil motor Honda di pasaran bukan hal yang sulit, ada banyak sekali tawarannya bahkan bervariasi harga. Namun juga demikian, apakah benar itu dibuat oleh perusahaan Honda asli, atau hanya dikhususkan bagi motor Honda, padahal barangnya bukan ori. Biasanya untuk barang tiruan atau tak asli sendiri yang sering disebut sebagai onderdil aspal juga ada kelas-kelasnya, diantaranya adalah:

  1. Kelas 1, ia dikenal juga dengan istilah OEM, yaitu barang yang sebenarnya asli, sama persis dengan yang baru. Hanya saja dibuat oleh perusahaan lain, bukan dari Honda asli. Ia masih menjamin kualitasnya, ketahanan lama namun dengan harga yang lebih murah dari ORI.
  2. Kelas 2, bagian tengah-tengah artinya memang bukan produk yang sama kualitasnya, pembuatnya sendiri juga perusahaan berbeda. Harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan imitasi kelas 1, namun dari segi kualitas juga lebih low.
  3. Kelas 3, untuk barang aspal kelas 3 ini tak ada jaminan apakah produk tersebut baru atau tidak, karena memang ia hanya dijual dengan harga yang lebih murah, tampilan juga berbeda dengan kelas-kelas yang lainnya. tak hanya itu kebanyakan adalah barang rusak yang diperbaiki kemudian dijual kembali, sehingga tak menjamin kualitasnya. Meskipun murah namun hati-hati jika ingin membeli.

Adapun beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk membedakan mana onderdil asli dan palsu, diantaranya adalah:

  1. Kemasan, dari bagian bungkus meski sama persis, namun sebenarnya ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk membedakan. Di bagian dalam khususnya barang asli ada tanda-tanda hologram. Kemudian onderdil yang asli juga kerap kali menggunakan tulisan berbahasa Inggris dan Jepang sesuai dengan negara pembuatnya.
  2. Garansi, barang yang asli akan memberikan garansi hingga beberapa bukan. Namun produk tak ori hanya akan berikan garansi toko itupun Cuma 1 hari saja. Lebih mudah dengan jaminan asli adalah membeli di toko yang ada label ‘genuine part’ nya.
  3. Harga, harga juga bisa dijadikan sebagai pembeda apakah produk tersebut asli atau tidak, jika ternyata tawaran harganya sangat murah di bawah standard pasaran sudah pasti produk tersebut palsu.
  4. Barang asli umumnya hanya dijual di toko-toko resmi saja, karena untuk penjual biasa tak akan mampu menjangkau harganya. Apalagi pada kelas masyarakat bawah.

Mudah bukan, jadi jangan salah pilih, untuk motor kesayangan Anda gunakan onderdil yang asli. Banyak toko yang menjual onderdil motor Honda berjamin ori sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *