Tips Mudah Merawat Kendaraan Roda Dua yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Motor atau kendaraan roda dua merupakan pilihan kendaraan yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan beberapa alasan dimana salah satunya adalah faktor harga dimana motor lebih terjangkau dibandingkan kendaraan roda empat. Alasan lain mengapa motor

service motor sendiri di rumah
service motor sendiri di rumah

menjadi kendaraan yang paling banyak dimiliki adalah karena cara menggunakannya paling mudah sesuai dengan kondisi jalanan di berbagai kota di Indonesia. Namun disamping alasan-alasan tersebut, ada alasan lain yang pada awalnya kurang diperhatikan oleh calon pembeli padahal hal tersebut juga menjadi kelebihan dari kendaraan roda dua. Alasan tersebut adalah perawatannya yang lebih mudah, murah dan cepat dibandingkan mobil.

Mungkin Anda sering melihat pemilik motor membongkar sendiri motornya untuk dibersihkan, diperbaiki ataupun dimodifikasi. Ilmu otomotif tentang kendaraan roda dua memang lebih mudah dipelajari dibandingkan roda empat sehingga banyak pemilik motor bisa menggunakan pengalaman dan ilmu otodidaknya untuk merawat motor miliknya sehingga menghemat uang perawatan. Hal ini justru menjadi kelebihan motor dibandingkan kendaraan roda empat yang memerlukan biaya besar untuk melakukan perawatan bahkan hanya untuk membersihkannya saja.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda dua di rumah, dan ingin mengetahui cara perawatan apa saja yang bisa dilakukan sendiri tanpa melibatkan bengkel, berikut ini adalah beberapa perawatan simple yang bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan seorang teman.

  • Mengganti oli.

Mengganti oli merupakan salah satu kunci untuk merawat motor agar memiliki performa mesin yang selalu optimal. Ganti oli dilakukan secara rutin sesuai dengan kilometer jarak yang telah ditempuh. Untuk motor, pada umumnya jarak pergantian oli adalah sekitar 1.500km dihitung sejak pergantian oli sebelumnya. Caranya tergantung dari jenis motor yang dimiliki, dengan membuka baut tutup dibagian bawah. Oli akan mengalir turun yang bisa dibantu dengan memiringkan motor atau meniupkan blower di dalam tangki oli. Setelah bersih, Anda bisa menutup kembali baut bawah kemudian membuka baut atas untuk menuangkan oli yang baru.

  • Merawat rantai motor.

Jika motor yang Anda miliki bukan motor matic, maka akan ada rantai motor yang harus juga diperhatikan. Rantai motor seharusnya licin dengan oli yang selalu ada untuk membuatnya beroperasi dengan lancar. Anda bisa membantunya dengan cara mengoleskan bekas oli ke rantai yang diputar perlahan untuk meratakannya. Selain pada rantai, oleskan oli pada bagian rem atau bagian besi lainnya sebelum motor dicuci agar tidak mudah berkarat.

Perawatan di atas merupakan perawatan motor sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah agar motor Anda selalu tampil prima. Untuk perawatan besar lainnya mungkin Anda akan memerlukan pengetahuan lebih terutama untuk membongkar dan memasang kembali casing motor. Pengetahuan tersebut bisa Anda pelajari dengan cara melihat motor Anda saat di service di bengkel dan mempraktekkannya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *