Tips Mudah Merawat Onderdil Motor Honda

Ketika kita membeli motor Honda, kita tidak hanya sekedar membeli dan menggunakan, namun kita juga harus melakukan perawatan onderdil motor Honda agar performanya bisa tetap baik saat digunakan. Suku cadang dikelompokkan dalam 3 bagian besar. Kelompok yang pertama adalah fast moving. Kelompok ini adalah kelompok yang mudah di jual, kelompok yang kedua ada medium moving yakni kelompok yang mengalami penjualan 5 kali dalam perminggu dan yang terakhir slow moving, kelompok ini mengalami penjualan 1 kali dalam sebulan.

Pada umumnya, jenis onderdil yang termasuk fast moving ini seperti gir depan, rem, gir belakang, sokbreker, sprocket, CDI, gas, piston, kampas kopling. Setiap motor sudah pasti memiliki berbagai macam bagian termasuk onderdil. Jika seluruh bagian tidak dirawat dengan baik, satu bagian saja dapat memberikan pengaruh yang kurang baik untuk motor Anda.

Tiap onderdil motor Honda mempunyai fungsi tersendiri dan bisa terpisah atau pun terkait dengan suku cadang yang lain seperti starting motor yang terpisah dengan alternator. Walaupun secara tidak langsung kedua bagian tersebut mempunyai hubungan satu sama lain, alternator mempunyai fungsi sebagai penghasil listrik pengisi aki dan starting motor mempunyai fungsi menghidupkan mesin dengan menggunakan listrik yang berasal dari aki. Secara umum, onderdil dibagi menjadi 2, antara lain:

  1. Komponen baru, onderdil baru adalah komponen yang masih berada dalam keadaan baru dan belum dipergunakan sama sekali kecuali ketika melakukan pengetesan,
  2. Onderdil bekas. Onderdil bekas adalah komponen yang sudah pernah digunakan dalam waktu tertentu dengan kondisi masih layak dipakai atau secara teknis komponen tersebut masih dapat digunakan, golongan kedua ada onderdil yang tidak layak pakai, ini maksudnya secara teknis komponen tersebut bisa digunakan kembali walaupun sudah dilakukan rekondisi.

Pada kenyataannya ada banyak pemakai yang lebih suka menggunakan komponen yang unrecondition. Namun, jika Anda ingin membeli onderdil yang baru, Anda harus lebih teliti karena banyak pihak yang sekarang ini menjual barang bekas yang disulap kembali sehingga mirip dengan barang baru.

Meskipun onderdil motor Honda merupakan suku cadang yang berkualitas, namun komponen ini juga akan mengalami kerusakan jika pemakaiannya tidak diperhatikan. Komponen yang rusak akan memberi pengaruh secara langsung pada performa kendaraan yang Anda miliki. Agar performa kendaraan Anda tidak menurun, berikut tips perawatan onderdil, antara lain:

  1. Atur jadwal perawatan secara berkala sesuai dengan buku panduan perawatan. Saat Anda membeli motor baru, di sana pasti ada buku jadwal perawatan berkala. Ikuti petunjuk dari buku tersebut,
  2. Bila dibutuhkan lakukan penggantian komponen kendaraan. Ketika Anda melakukan service berkala, Anda bisa meminta pergantian jika ternyata komponen tersebut sudah lama. Penggantian ini memang tergantung dari pengecekan yang dilakukan oleh karyawan bengkel tersebut,
  3. Lakukan perawatan di bengkel resmi. Sebagai perusahaan motor yang unggul, Honda sudah pasti memiliki banyak bengkel resmi yang tersebar di kota-kota seluruh Indonesia. Ketika melakukan perawatan, usahakan Anda melakukan perawatan di bengkel yang resmi agar onderdil motor yang Anda gunakan juga terjamin keasliannya, bahkan perbaikan motor juga memiliki garansi. Inilah keunggulan yang Anda dapatkan saat Anda service di bengkel resmi,
  4. Pastikan Anda menggunakan sparepart yang asli. Jangan hanya mengutamakan biaya pengeluaran yang harus Anda keluarkan. Pada dasarnya sparepart palsu memiliki harga yang lebih murah, namun kualitasnya juga tidak terjamin karena pembuatan dan bahan yang digunakan tidak terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *