Tips Tepat Merawat Motor Saat Musim Penghujan

Hujan memang terkadang sulit untuk diprediksi akan datangnya. Di Indonesia yang sering mendapatkan curah hujan yang tinggi tentu tidak akan terkejut lagi jika mendapati turunnya hujan yang terkadang sering mengganggu mobilitas. Bagi Anda pemilik kendaraan roda dua, perawatan saat musim hujan menjadi sangat penting agar performa kendaraan tidak menurun dan bisa terus digunakan untuk bepergian.

Meskipun merawat motor tidak terlalu sulit dibandingkan mobil, namun jika sering dilalaikan hal ini tidak akan baik untuk kondisi motor Anda. Berikut ini ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan pada motor saat musim penghujan, diantaranya yaitu:

  • Mencuci motor setelah kehujanan.

Motor yang terkena hujan lebih rentan untuk berkarat karena kandungan zat asam pada air hujan. Untuk itu usahakan setelah terkena guyuran air hujan sesegera mungkin dicuci dengan mengguyurnya dengan air bersih dan sabun khusus untuk mencuci motor.

  • Penambahan tekanan ban.

Usahakan ban tidak pernah kempis karena saat hujan banyak jalanan yang berlubang dan digenangi air. Ban yang kempis akan lebih rentan rusak jika menghantam jalanan berlubang.

  • Bersihkan pada rantai motor.

Selain bodi motor yang harus senantiasa dibersihkan, komponen rantai motor juga tidak boleh ketinggalan. Genangan air hujan selama perjalanan dapat merusak rantai motor dan menyebabkan cepat berkarat.

  • Memeriksa kanvas rem dan pistol rem cakram.

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang mempunyai karakter mudah mengembang bila terkena air terlalu lama, khususnya air hujan dan akan mudah mengeras jika kering. Sehingga hal ini akan mengakibatkan rem menjadi keras saat di injak. Untuk itu semprot dengan air bersih pada bagian kanvas rem lalu nyalakan motor sambil menginjak pedal rem untuk membersihkannya. Sementara untuk bagian rem cakram anda juga jangan sampai melalaikan untuk membersihkannya, karena rem cakram bersifat terbuka dan saat melewati genangan air kotoran akan lebih mudah menempel.

  • Membersihkan knalpot.

Bagian dalam dan leher knalpot akan mudah keropos jika banyak kotoran yang menempel, apalagi jika bercampur dengan air hujan. Untuk itu kita perlu membersihkan knalpot motor dengan cara mencabut kop atau karet penutup besi kemudian meniup atau membersihkannya dengan lap.

  • Mengganti oli mesin.

Jika motor sering digunakan untuk berkendara di bawah guyuran hujan, sesegera mungkin lakukan pergantian oli mesin.

  • Panaskan motor sebelum digunakan.

Mendapatkan guyuran air hujan dalam waktu yang lama akan membuat mesin motor menjadi dingin. Untuk itu, gunakan motor setelah dipanaskan terlebih dahulu.

Musim penghujan memang terkadang memberikan berkah tersendiri, meskipun terkadang juga bisa menyusahkan terutama saat harus bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk itu penting untuk selalu melakukan perawatan pada motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *