Trik untuk Rawat Motor Injeksi dengan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Kebutuhan kendaraan masa kini memang sangat tinggi. Memang banyak orang yang sebetulnya perawatan sparepart motorberharap memiliki mobil, namun karena mahalnya mobil yang berharga bisa mencapai ratusan juta, maka masyarakat secara umum kebanyakan belum mampu dalam memilikinya. Alternatif selanjutnya tentu adalah motor yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil. Salah satu jenis motor yang banyak diincar masa kini adalah motor injeksi dimana teknologinya lebih maju dibanding motor biasanya.

Performa kendaraan yang mantap menjadikan motor injeksi lebih banyak dipilih saat ini. Selain itu keunggulan lainnya dari motor injeksi ini adalah dari segi bahan bakarnya yang juga irit. Meski begitu, dari segi perawatan motor injeksi ini berbeda dari motor biasa yakni dengan cara:

  • Pilih bahan bakar yang beroktan tinggi

Menggunakan bahan bakar yang beroktan 90 lebih adalah cara pertama dalam perawatan motor injeksi. Memang dari segi perawatan, pemilihan bahan bakar ini jadi hal yang penting. Hal ini lantaran bahan bakar yang beroktan tinggi menjadikan pembakaran di mesin kian sempurna sehingga bagus untuk motor. Pada motor yang berteknologi injeksi maka penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi memang sangat dianjurkan.

  • Perhatikan komponen AKI

Perawatan selanjutnya adalah dari segi AKI motor dimana harus memperhatikan terus kondisinya dimana AKI pada motor injeksi memegang peranan yang amat vital. Anda wajib untuk sering memeriksa kondisi pada AKI sehingga kondisinya selalu prima dan stabil. Saat AKI sudah airnya kurang, maka tambahkan saja karena mudah didapatkan di pasaran.

  • Ganti oli dengan teratur

Semua jenis motor harus selalu rutin untuk diganti olinya, termasuk juga motor injeksi. Untuk bisa memudahkan Anda, maka Anda dapat menandai kalender khusus demi bisa perawatan motor secara rutin. Oli wajib diganti setidaknya 2 atau 3 bulan sekali. Anda pun bisa menggantinya saat motor telah menempuh jarak hingga 1.000 km. Selain itu oli gear pun butuh diganti setelah pemakaian 5.000 km.

  • Periksa ECU

ECU ini merupakan otak pada pengoperasian di sistem injeksi motor. Seluruh komponen baik dari segi bahan bakar, buka tutupnya klep di injektor hingga semuanya diatur penuh oleh otak ECU ini. Mengingat peran ECU yang begitu penting, maka tak salah jika sistem ini terganggu, maka motor injeksi kesayangan Anda pun akan mudah mogok.

Itulah beberapa tips mudah dalam perawatan motor injeksi Anda. Ada baiknya untuk menyervisnya ke bengkel terpercaya atau bengkel resmi sehingga pelayanan dan pengerjaannya memuaskan. Selain perawatan itu, Anda pun merawat sendiri dengan selalu menjaga kebersihan dan berikan waktu motor istirahat juga. Pemilihan medan jalanan juga jadi cara merawat sehingga motornya jadi lebih tahan lama dan awet sampai lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *