Warna Asap Knalpot Bisa Jadi Indikasi Kerusakan Motor Berikut Ini!

Motor sebagai salah satu alat transportasi yang banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia kerap dipergunakan untuk beragam kepentingan misalnya sebagai kendaraan pribadi. Agar kendaraan beroda dua tersebut bisa berjalan sesuai dengan performa maksimal maka diperlukan perawatan seperti melakukan service secara berkala. Akan tetapi, tidak sedikit yang tidak ingat atau tidak memiliki waktu untuk melakukan service yang menyebabkan terjadinya kerusakan.

Kerusakan pada motor tersebut ternyata tidak hanya dapat dirasakan saat Anda sedang menaiki kendaraan beroda dua tersebut namun juga berdasarkan dari warna asap motor yang keluar dari knalpot. Pendeteksian dini dari asap knalpot tersebut bisa membuat Anda lebih bisa mengantisipasi kerusakan sehingga biaya perbaikan kendaraan beroda dua itu juga akan lebih mudah. Caranya adalah dengan hidupkan mesin motor Anda dan kemudian putar penuh grip gas dari motor Anda. Tahan kurang lebih 2-5 detik dan kemudian perhatikan mengenai gas buang dari hasil pembakaran yang keluar dari knalpot.

Motor berada dalam kondisi yang baik-baik saja atau tidak ada indikasi kerusakan apapun jika asap motor tersebut tidak berwarna. Komponen yang ada dalam motor tersebut tidak mengalami masalah sehingga Anda bisa lebih tenang dan nyaman untuk menggunakan sepeda motor tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Akan tetapi, jika asap motor dari knalpot berwarna hitam dan putih, maka Anda harus mewaspadai kerusakan pada motor.

Jika knalpot tersebut berwarna putih maka menandakan jika oli mesin pada motor yang seharusnya berfungsi untuk melumasi mesin motor dan transmisi justru ikut terbakar di bagian dalam ruangan bakar mesin. Karena hal tersebut menyebabkan adanya percampuran udara serta bahan bakar yang tidak sempurna. Indikasinya, terdapat kerusakan yang terjadi pada bagian oli seal mesin ataupun pada ring piston motor. Selain itu, jika asap putih keluar pada motor saat Anda sedang berkendara, bisa menjadi indikasi adanya kerusakan di bagian ring, silinder head atau sekher mesin. Sedangkan jika hanya keluar di pagi hari atau ketika mesin dingin, menunjukkan jika sil klep sudah aus dan harus diganti.

Jika asap knalpot tersebut berwarna hitam hal tersebut menandakan jika adanya ketidakseimbangan yang terjadi antara campuran udara dengan bahan bakar yang terbakar di bagian ruang pembakaran. Asam hitam tersebut timbul disebabkan karena campuran bensin serta udara yang tidak seimbang yang mengakibatkan bensin pada motor lebih banyak yang terbuang dan terbakar dibandingkan dengan udara. Dengan kata lain, kerusakan tersebut akan menyebabkan Anda harus ekstra mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar karena kendaraan Anda menjadi lebih boros bahan bakar. Untuk membuat agar motor kembali normal atau bisa berjalan dengan baik dan bahan bakar tidak boros, maka Anda harus melakukan penyetelan ulang di bagian karburator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *